Tentang Kami

Tentang FoKSBI

Sebagai produsen utama kelapa sawit dunia, Indonesia memiliki peran penting dalam mengurangi dampak lingkungan dan menyediakan produk yang berkelanjutan bagi konsumen di seluruh dunia. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan pendekatan multistakeholder guna mendefinisikan dan mengatasi akar masalah yang membatasi keberlanjutan sektor ini.

Pada bulan Oktober 2014, Kementerian Pertanian dengan dukungan UNDP Indonesia, meluncurkan Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (FoKSBI) untuk mengkoordinasikan seluruh sektor dan inisiatif-inisiatif yang berfokus pada kelapa sawit berkelanjutan. Di 2018, anggota FoKSBI telah menyepakati Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan, yang akan memberikan solusi skala luas untuk produksi kelapa sawit Indonesia yang berkelanjutan.

Tujuan

 
Menyusun Rencana Aksi Nasional multistakeholder untuk kelapa sawit yang berkelanjutan.
 
Untuk memantau dan mengadaptasi implementasi Rencana Aksi Kelapa Sawit Berkelanjutan.
 
Untuk membangun kemitraan dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan baik yang telah dilakukan terkait  kelapa sawit berkelanjutan di Indonesia.
 

Pendekatan Forum

Forum komoditas nasional adalah mekanisme bagi pemerintah untuk menyatukan dan mengkoordinasikan sektor publik dan swasta dalam upaya untuk mengembangkan Rencana Aksi Nasional. Maka dari itu forum menyediakan ruang netral bagi para pemangku kepentingan untuk berdiskusi dan bekerja bersama dalam mengatasi hambatan yang ada dan mendorong kerjasama antar inisiatif-inisiatif baik yang telah dilakukan oleh berbagai pihak.

Keunggulan dari forum seperti FoKSBI adalah dialog multistakeholder, yang menguatkan upaya untuk mencapai keberlanjutan dengan memberikan kombinasi keahlian dan analisa yang tepat untuk meningkatkan skala aksi dalam area-area prioritas. Berdasarkan tanggung jawab dan keahlian masing-masing, stakeholder yang tepat dapat mengidentifikasi tantangan dan menciptakan solusi. Hal ini menciptakan rasa kepemilikan yang lebih luas, kepercayaan dan pemahaman yang lebih kuat antar para pelaku, yang akhirnya mengarah pada produksi dan perdagangan kelapa sawit yang berkelanjutan.

Misi

“Untuk menciptakan forum di Indonesia, yang dapat menghasilkan kesepakatan bersama terkait solusi sistemik dan berkelanjutan untuk produksi kelapa sawit Indonesia, yang tetap menghargai lingkungan, meningkatkan keuntungan sosial, dan daya saing pasar Indonesia."