Uji Coba  dan Konsultasi Publik Sistem Pemantauan Tutupan Lahan Menggunakan WebGIS Ecosystem dan Aplikasi Android INA-Alert

DESEMBER 30,2020

Pelalawan - Dengan dukungan pendanaan dari proyek Sustainable Palm Oil Initiative (SPOI) – UNDP, tim gabungan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggelar konsultasi publik dan pelatihan penggunaan WebGIS Ecosystem dan Aplikasi INA-Alert dalam pemantauan tutupan lahan pada 28-29 Desember 2020 di Kabupaten Pelalawan.

Bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pelalawan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengatasi tantangan dalam pengembangan sistem pemantauan tutupan lahan dan mendeteksi perubahan yang terjadi di dalamnya melalui ketersediaan data tutupan lahan yang dapat diandalkan, akurat dan terbaru.

Sosialisasi dan pelatihan ini diadakan untuk mendapatkan masukan dari para pihak untuk menyempurnakan metode atau algoritma dan sistemnya supaya lebih baik, sekaligus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pihak dalam penggunaan sistem, demikian pernyataan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pelalawan, Eko Novitra, ST, M.Si.

Keberadaan data sebaran perkebunan dan sistem pemantauan tutupan lahan sangat diperlukan dalam mendukung penyusunan indeks kinerja lingkungan hidup dan menindaklanjuti program peremajaan kebun sawit di Kabupaten Pelalawan.

Menurut Dr. Yudi Setiawan dari IPB, sistem ini dibangun dengan tujuan untuk mendeteksi secara cepat perubahan tutupan lahan, menampilkan data sebaran spasial beberapa komoditas strategis dan perubahannya misalnya untuk komoditas sawit dan karet, dan mengembangkan platform WebGIS sebagai alat pemantauan perubahan tutupan lahan dan menggunakan sistem pemantauan ini dalam  aplikasi berbasis Android.

Data yang digunakan dalam sistem pemantauan ini berasal dari pengolahan citra satelit di LAPAN menggunakan algoritma yang ditujukan untuk mendeteksi perubahan tutupan lahan dan pengolahan cloud computing Google Earth menggunakan machine learning sehingga menghasilkan data deteksi harian dan prediksi tutupan lahan komoditas strategis secara nasional. Data yang tersedia juga berasal dari data penutupan lahan yang dimiliki Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan.

Konsultasi publik dan pelatihan dilanjutkan dengan uji coba aplikasi android INA-Alert untuk memvalidasi, memverifikasi, dan mendeteksi perubahan tutupan lahan perkebunan dan kawasan hutan dengan cara menelusuri perkebunan karet dan keberadaan sawah di tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Pelalawan.

Keseluruhan kegiatan yang menggandeng IPB ini diharapkan dapat berkontribusi pada target keluaran proyek SPOI yaitu adaptasi dan implementasi sistem pemantauan yang efektif di lanskap target.

 

***