Koperasi Bukit Potalo Menerima Sertifikasi ISPO

DESEMBER 28,2018

Pada tahun 2017, Sustainable Palm Oil Initiative (SPOI), kemitraan antara UNDP Indonesia dan Kementerian Pertanian, mulai mendukung para pekebun kelapa sawit dari Koperasi Bukit Potalo di Pelalawan, Riau. Pekebun-pekebun ini menerima pelatihan dan pendampingan untuk memastikan mereka memenuhi Prinsip dan Kriteria ISPO, dan untuk membantu memperkuat koperasi itu sendiri.

Para petani menerim pelatihan tentang Praktik Pertanian yang Baik (GAP), masalah hukum dan hak atas tanah, manajemen lingkungan, manajemen dan pembiayaan organisasi, dan sertifikasi ISPO. Pada 2018, para petani ini kemudian menjalani audit ISPO dan menerima sertifikasi ISPO pada Desember 2018.

Para pekebun ini merupakan bagian dari rantai pasok Asian Agri, dan fasilitasi proses sertifikasi mereka juga didukung oleh Tanoto Foundation.

SPOI, Asian Agri, dan Tanoto Fpundation merupakan peserta FoKSBI dan telah menggunakan forum kelapa sawit Pelalawan untuk mengadakan diskusi terkait isu-isu kelapa sawit yang khusus untuk wilayah Pelalawan.

Kami ucapkan selamat kepada para pekebun Bukit Potalo, dan semoga semakin banyak pekebun-pekebun yang mendapatkan sertifikasi ISPO di tahun-tahun mendatang.